Senyawa Aktif dalam Kunyit Efektif Membunuh Sel Kanker

Minggu, 23 September 2018 - 17:47 WIB
Senyawa Aktif dalam...
Senyawa Aktif dalam Kunyit Efektif Membunuh Sel Kanker
A A A
JAKARTA - Kunyit dikenal sebagai salah satu bahan dapur yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Dalam sebuah kajian di Proceedings of the National Academy Sciences, curcumin, bahan aktif di dalam kunyit, secara efektif mampu membunuh sel kanker tertentu.

Sementara riset terus dilanjutkan untuk lebih mendalami bagaimana peran kunyit dalam melawan kanker, banyak manfaat lain dari mengonsumsi bumbu dapur ini. Kunyit adalah sejenis umbi seperti jahe yang sudah lama digunakan untuk kesehatan.

“Kunyit memiliki senyawa anti peradangan yang disebut curcuminoids dan curcuminoids ini dikaitkan dengan efek positif terhadap berbagai penyakit,” kata Anya Guy, pakar diet Mayo Clinic, yang dikutip Mayo Clinic News Network.

Penyakit yang bisa dirawat dengan kunyit termasuk diabetes tipe 2, obesitas, penyakit radang usus an kanker. “Meski curcumin atau kunyit mengandung antiperadangan, kalau kalian didiagnosa dengan kondisi seperti kanker atau diabetes, bicaralah kepada dokter sebelum mengonsumsi suplemennya,” ujar Anya.

Kunyit bisa disantap dengan bentuk bubuk atau dicampur dengan kari. Dalam sehari, kunyit aman dikonsumsi setidaknya 8 gram.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9462 seconds (0.1#10.140)